DISKOMINFOTIKSAN, DUMAI - Tim Pembina Posyandu Kota Dumai mengikuti rangkaian sosialisasi implementasi 6 SPM Posyandu yang dilaksanakan oleh Tim Pembina Posyandu Pusat. TP Posyandu Kota Dumai mengikuti kegiatan ini pada Wan Dahlan Ibrahim Center, Senin (26/5/2025).
Pada kesempatan ini, turut hadir Ketua TP Posyandu Kota Dumai Hj. Leni Ramaini, SKM dan Wakil Ketua TP Posyandu Kota Dumai Anik Sulastri beserta jajaran Tim Pembina Posyandu Kota Dumai.
Adapun hadir sebagai narasumber yakni Sekretaris TP Posyandu Pusat Hari Nur Cahya Murni dan Zainal Abidin dari Kementerian Dalam Negeri.
Adapun kedua narasumber memberikan pemaparan secara rinci kepada seluruh TP Posyandu di Indonesia tentang pentingnya implementasi 6 Standar Pelayanan Minimal (SPM) Posyandu meliputi Kesehatan, Pendidikan, Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat, Ketertiban Umum, dan Sosial.
Kedua narasumber bersepakat bahwasanya Posyandu sebagai garda pertama faskes di masyarakat serta keluarga harus menjadi titik standar pelayanan yang mumpuni serta optimal. Selain itu, posyandu diharapkan dapat terus berkembang sehingga kesehatan keluarga di Indonesia terus terjamin dan anak anak tumbuh berkembang dengan baik.
Dalam sosialisasi ini turut dilaksanakan beberapa sesi tanya jawab dengan para peserta yang mengikuti secara virtual.
Ketua TP Posyandu Kota Dumai yang hadir menyampaikan bahwa Kota Dumai siap mendukung implementasi 6 SPM dengan terjun langsung ke masyarakat serta pembinaan maupun membangun komunikasi baik bersama kader Posyandu di seluruh wilayah Kota Dumai.
Ketua TP Posyandu Leni turut menuturkan bahwa saat ini perkembangan layanan kesehatan di Posyandu pada Kota Dumai semakin membaik dan akan terus dioptimalkan untuk seluruh masyarakat.
“Setelah mendengar sosialisasi tadi, kami mendapatkan beberapa catatan penting untuk optimalisasi 6 SPM pada Posyandu. Kita akan berikan perhatian lebih dan meyakini bahwa pelayanan kesehatan di Posyandu akan semakin optimal” tutur Hj. Leni.
Turut hadir dalam kegiatan ini jajaran DinsosPM, Dinkes Kota Dumai, beserta tamu undangan lainnya.